cari artikel dan blog

Jumat, 05 Maret 2010

Rendangku


Assalamualaikum WW,


Hai Kawan, jumpa lagi kita, nggak bosen khan?
Hari ini saya ingin sekali makan rendang, itu lho lauk khas dari Padang,, Sumatera Barat,  pasti tahu lah yaow he..he..(abiiss terkenal banget sih..)

Rendang buatan saya ini resepnya dari ibu kandung saya yang memang asli dari Sumatera Barat, tepatnya dari daerah Painan yang terletak di Pesisir Selatan . Ibu saya mendapatkan resep ini juga dari ibunya (berarti nenek saya khan?). Jadi resep warisan nenek moyanglah ha...ha...

Rendang resep leluhur ini merupakan lauk favorit di keluarga kami dan selalu dinantikan keluarga dan teman-temea saya jika lebaran maupun apabila ada acara keluarga. Rasa rendang resep keluarga saya ini agak beda sedikit dari rendang yang biasa dijual di restoran-restoran Padang sebab selain pedas ada rasa agak manis gurih yang disebabkan digunakannya air kelapa dalam proses pemerasan santan. Yang pasti maak nyuuss dan membuat yang pernah mencoba bakal ketagihan dan selalu kangen untuk mencicipi lagi.

Bagaimana, sudah nggak sabar khan pengen tahu resepnya? yook kita mulai

Rendang Ala Ny.Hj.Alicce Hanafi
-----------------------------------------

Bahan :
1. 1 kg daging sapi has dalam  potong dadu / sesuai selera
2. Kelapa parut 250 gr, sangrai dan haluskan
3. Kelapa tua 2 butir ukuran besar, parut
4. Air kelapa 2 gelas belimbing
5. Air bersih 2 liter

6. Daun jeruk purut 5 lembar, iris halus
7. Daun kunyit 1 lembar, iris halus

Bumbu yang dihaluskan :
1. Cabai Merah (keriting) 150 gram
2. Bawang merah 100 gram
3. Bawang putih 50 gram
4. Jahe 1 jempol kaki
5. Lengkuas 2 jempol kaki
6. Merica 1 sendok teh
7. Pala 1/2 buah
8. Serai 2 batang diiris halus
9. Garam secukupnya

Cara membuatnya
  1. Ambil 1/4 bagian bumbu halus, campurkan dengan kelapa parut yang telah disangrai, garam dan daging. Aduk rata, diamkan.
  2. Buat santan kental dengan cara mencampur 2 gelas air kelapa dengan parutan kelapa, peras, saring dan sisihkan
  3. Buat santan sedang dengan cara mencampur  2 liter air bersih dengan parutan kelapa (bekas santan kental), peras, saring dan sisihkan
  4. Campurkan santan sedang dengan sisa bumbu, tambahkan irisan daun jeruk dan daun kunyit. Setelah mendidih masukkan potongan daging yang telah dibumbui, masak hingga daging agak lunak dan santan mengental.
  5. Setelah santan mengental, masukkan santan kental dari perasan air kelapa, masak sampai kembali mengental. Jika kuah mulai berminyak, aduk terus dengan api kecil  hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  6. Hidangkan rendang daging bersama dengan acar mentah dari timun, nanas dan wortel mentah.

Wuuuihh anak-anakku langsung nyerbu kawan, lahap bener mereka makan, aduuh bahagianya saya, terimakasih kutujukan untuk almarhum nenekku Siti aisyah, dan mami Basrah (mamiku tersayang)  atas resepnya . Ayo dicoba kawan, agak ribet tapi yang penting rasanya maannaa taahhaaann......

Sudah dulu ya, sampai jumpa di entri-entri saya berikutnya.
Oh ya, buka juga blog saya yang lain ya di www.alicce.blogspot.com (ada macam-macam produksi saya lho), Bagi-Bagi Ilmu di http://aliccehavana.bagibagiilmu@blogger.com (ada aneka resep pembuatan manisan buah dan sirup buah dan herbal sehat disertai dengan manfaatnya bagi kita).


Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar