cari artikel dan blog

Memuat...

Senin, 22 Maret 2010

Kue Kembang Goyang

Assalamualaikum WW,

Hai Kawan, hari ini saya kangen banget sama kue kampung buatan almarhumah nenek saya. Nama Kue itu kembang goyang atau biasa juga disebut kue Bunga Matahari. Disebut kue kembang goyang karena pada proses penggorengannya digoyang-goyang agar lepas dari cetakannya. Sedangkan disebut juga Bunga matahari karena bentuknya seperti bunga matahari.

Kue kembang goyang ini rasanya manis-manis asin, gurih , garing, renyah, pokoknya uueenaak puuooll deh, he..he... Apalagi jika dinikmati diwaktu sore hari sambil minum teh atau kopi hangat bersama keluarga, waduh nggak terasa bisa habis sampai 1 toples lho.

Kue kembang goyang kalau di kampung nenek saya, selalu ada pada saat lebaran dan selalu menjadi suguhan utama untuk tamu-tamu yang datang bersilahturahmi. Jika disimpan di stoples atau kaleng yang tertutup rapat kue kembang goyang dapat tahan selama 3 atau 4 bulan, cocok juga khan jika dijadikan oleh-oleh untuk saudara kita yang bertempat tinggal jauh dari kita atau dapat juga untuk dijual jika dikemas dengan bagus dan cantik.

Setelah bertanya ke ibu saya , akhirnya dapat juga saya membuatnya dan rasanya alhamdulillah sama dengan kembang goyang buatan almarhumah nenek saya. Nah pengen tahu resep dan cara membuatnya, ayo kita mulai kawan...

Resep Kue Kembang Goyang
-----------------------------------

Bahan :
  1. Tepung Beras 250 gram
  2. Tepung Kanji (Maizena) 1 sendok makan
  3. Santan 350 ml dari 1/4 butir kelapa yang dikupas kulit arinya
  4. Telur ayam 1 butir kocok lepas
  5. Gula Halus 40 gr
  6. Garam halus 1 sendok teh
  7. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya :
  1. Campurkan tepung beras, kanji, kocokan telur, gula dan garam kemudian aduk rata Setelah itu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang licin tidak berbintil. kemudian saring dan sisihkan.
  2. Panaskan cetakan kembang goyang di dalam minyak panas. yang agak banyak.. Lalu celupkan  cetakan ke dalam adonan, tetapi jangan sampai menutupi pinggir atas cetakan karena kue menjadi susah lepas
  3. Angkat cetakan dari adonan dan celupkan kembali cetakan dalam minyak panas. Goreng  dengan api kecil sambil  cetakan digoyang-goyang hingga kue terlepas. Balik-balik kue agar matangnya rata. Setelah kue berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan hingga dingin. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Kemas di dalam plastik  atau toples kedap udara dan kembang goyang siap untuk dinikmati ataupun dipasarkan.
Oh ya, kawan, jangan menambahkan gula terlalu banyak karena kue akan cepat gosong, selain itu cetakan harus panas agar adonan bisa melekat saat cetakan diangkat dari wadah adonan.
Jika sudah selesai membuat kue gembang goyang, cetakan jangan dicuci, cukup dilap dengan kain atau serbet bersih dan segera simpan agar pada saat pembuatan berikutnya cetakan tidak lengket dan tetap mudah lepas pada saat menggoreng.

Sudah selesai deh, membuat kue kembang goyang, gampang dan cepet lho membuatnya. Ayo segera dicoba resepnya dan nikmati kelezatannya.

Sekian dulu ya kawan, saya pengen menyuguhkan kue kembang goyang ini ke anak-anak dan suami tercinta, mumpung mereka lagi ngumpul di rumah he..he...

Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar