cari artikel dan blog

Memuat...

Selasa, 01 November 2011

Ungkep Ikan

Assalamualaikum WW, 
Hai kawan, hari ini saya malas banget masak yang ribet-ribet.
Saya lagi ingin masak yang mudah, bahannya nggak banyak tapi rasanya tetep enak dan gizinya bagus banget.
Akhirnya pilihan jatuh pada masakan kampung kegemaran bapak saya yaitu ungkep ikan.

Kawan,  ungkep ikan ini rasanya enak banget lho, gurih, segar dan sehat karena di dalamnya selain bahan utamanya ikan, ada sayurnya juga lho. Kalau dimakan dengan nasi hangat yang punel, heeemmmm enak banget......
Penasaran ????? yoook kita mulai masaknya.

Ungkep Ikan
---------------
  Bahan  :
----------
1. Ikan segar (boleh ikan laut atau ikan sungai) / ikan pindang  5 ekor (kalau saya lebih sedang ikan bandeng / ikan mujaer)
2. Tomat ukuran sedang 2 buah, potong menjadi 6 bagian per buah
3. Sayuran segar (boleh daung singkong, kacang panjang, kangkung atau bayam) cuci bersih dan potong sesuai selera
4. Cabe merah besar 5 buah , iris tipis
5. Cabe rawit 9 buah, cuci bersih
6. Bawang merah 5 butir dan bawang putih 3 butir, kesemuanya diiris tipis
7. Belimbing wuluh 5 buah, belah 2
8. Daun bawang lima lembar
9. garam dan gula secukupnya
10. air 100 ml

Cara membuatnya : 
--------------------------  
1. Siapkan wajan/penggorengan ukuran sedang, susun sayuran sampai menutupi alas wajan.
2. Susun ikan diatas sayuran lalu taburkan irisan cabe merah, tomat, bawang merah, bawang putih, daun bawang, belimbing wuluh dan cabe rawit utuh.
3. Jangan lupa tambahkan air, garam dan gula
4. Tutup wajan, biarkan sampai mendidih dan sayur menjadi layu serta ikan masak, angkat wajan dari kompor
5. Ungkep ikan lebih nikmat jika disajikan selagi masih hangat

Mudah khan kawan ???  ayo segera dicoba.

Surabaya, 1 Nopember 2011
Wassalamualaikum WW, 




Ny. Hj.Alicce Hanafi

Senin, 23 Agustus 2010

Perkedel Kentang

Assalamualaikum WW,
Halo kawan, sudah lama ya saya tidak menulis di blog, maklum sibuk he..he..
Hari ini Surabaya mendung dan hujan gerimis, saya koq jadi pengen makan sayur sop dengan perkedel kentang ya, eehhhmm pasti nikmat.
Kawan-kawan pasti sudah biasa menikmati perkedel kentang khan? tapi nggak ada salahnya khan kalau saya nulis di blog ini karena mungkin masih ada kawan-kawan yang lain yang belum  tahu cara membuatnya .
Yook kita mulai masaknya..

Resep Perkedel Kentang
---------------------------------  


Bahan :
---------- 
  1. 1/2 kg kentang
  2. 1/4 kg daging cincang
  3. 2 sendok makan bawang merah goreng
  4. 2 batang seledri beserta daunnya
  5. garam secukupnya
  6. 1 sendok teh merica bubuk
  7. 3 siung bawang putih
  8. 2 butir telur ayam, kocok lepas
  9. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya
------------------------- 
  1. Kukus kentang sampai empuk, kupas kulitnya kemudian haluskan
  2. Giling halus bawang putih, campur dengan merica bubuk
  3. Iris halus batang dan daun selederi
  4. Campur dan aduk rata, kentang, bumbu halus, garam dan selederi
  5. Ambil 1 sendok adonan, buat bulatan kemudian pipihkan, lanjutkan sampai adonan habis
  6. Masukkan bulatan-bulatan perkedel kedalam kocokan telur kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang
  7. Perkedel siap disajikan

Gampang dan cepet ya kawan, ayo segera dicoba, Maaakkkk Nyuusss lho rasanya
Sampai Jumpa

Wassalammualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi

Senin, 24 Mei 2010

Tim Ikan Kerapu

Assalamualaikum  WW, 
 
Kawan , anakku yang gede ingin diet dengan cara menghindari makanan berlemak dan daging merah. Dia pengen mencoba makan ikan yang selama ini nggak begitu dia suka karena bau amis. Tetapi dia juga memberi syarat  yaitu ikannya nggak boleh digoreng, hanya boleh dibakar atau dimasak lainnya. Karena hari ini saya agak repot untuk membuat masakan yang membutuhkan waktu lama maka saya coba membuat masakan yang mudah, cepet dan yang pasti rasanya tetep enak dan lezat agar di sulung saya mau mencoba dan bisa menikmati  ikan tanpa bau amis. Masakan yang buat adalah Tim Ikan Kerapu.

Kawan, Tim Ikan Kerapu ini sangat sehat, bagus untuk kita semua, dari anak kecil sampai kakek nenek he..he...he.... , karena selain bahan bakunya berupa ikan laut yang penuh gizi dan bebas kolesterol juga bahan tambahannya berupa buah dan sayur-sayuran. Yang paling penting dari semua itu adalah tanpa saya duga anak sulung saya doyan sekali. Wuuiiihh  lega rasanya.
Ingin tahu resepnya, ayo kita mulai ...

Resep Tim Ikan Kerapu
-----------------------------

Bahan :
---------
  1. Ikan Kerapu 1 ekor
  2. Kacang Panjang 1 ikat kecil,
  3. Kangkung / bayam 1 ikat kecil
  4. Daun Kunir 1 lembar
  5. Tomat buah 2 buah, potong kasar
  6. Bawang Merah 3 butir, iris tipis
  7. Bawang Putih 2 siung, iris tipis
  8. Cabe Merah 3 buah, iris tipis
  9. Cabe hijau 2 buah, iris tipis
  10. Cabe rawit 7 buah
  11. Belimbing wuluh 5 buah , belah dua
  12. Daun Bawang 5 buah, potong kasar
  13. Garam secukupnya
  14. Gula Pasir 1 sendok teh

Bumbu Halus
------------------ 
Jahe 1 jempol kaki
Jeruk nipis 1 buah ambil airnya
Bawang putih 1 siung
Garam 1 sendok teh

Cara Membuatnya
---------------------- 
  1. Bersihkan Ikan dari sisik, insang dan isi perutnya , cuci bersih kemudian belah dua dan beri irisan tipis pada kulitnya.
  2. Lumuri ikan dengan bumbu halus, biarkan lebih kurang 30 menit agar bau amis hilang . Setelah itu cuci  bersih sekali lagi dan tiriskan.
  3. Cuci bersih Kacang Panjang, lalu potong2 agak besar/panjang
  4. Cuci bersih Kangkung/Bayam , petik/potong sesuai selera
  5. Kupas dan cuci bersih bawang merah dan bawang putih, lalu iris tipis-tipis
  6. Cuci bersih tomat, cabe merah, cabe hijau , daun bawang kemudian iris/potong kasar
  7. Siapkan Wajan/kuali, letakkan dan susun mulai dari kacang panjang lalu ikan , kangkung/bayamdan daun kunir
  8. Kemudian tambahkan dan taburkan  irisan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan hijau, daun bawang, belimbing wuluh, tomat, cabe rawit
  9. Beri sedikit air dan masukkan garam dan gula
  10. Tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga ikan dan sayuran matang.
  11. Hidangkan tim ikan beserta sayuran dan semua isinya, nikmati dengan nasi yang masih hangat.

Mudah dan praktis khan kawan??  Ayo segera dicoba, rasa masakan ini gurih, segar, asem , agak pedas , pokoknya nano-nano deh dan yang pasti dijamin enak deh. Semua yang dimasak bisa dimakan dan tidak perlu membuat sambal lagi karena sudah ada cabe merah dan hijau serta cabe rawit untuk kita kunyah sekaligus he..he..  

Sudah dulu ya, sampai jumpa....

Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi

Selasa, 06 April 2010

Omelet Roti Panggang

Assalamualaikum WW,

Pagi ini, anak ragilku rewel banget, nggak pengen sarapan dengan menu yang telah saya sediakan, bosen katanya. Waduh pusing juga saya dibuatnya karena dia khan mesti sekolah pagi-pagi dan pulangnya sudah sore , belum lagi harus les ini itu yang mengakibatkan terkurasnya tenaga anak bungsuku . Menu apa ya yang harus aku buat agar si ragil jadi mau sarapan dan waktu membuatnya cepet? 

Tiba-tiba arvhie anakku yang lain nyeletuk, " ma bikinin sarapan omelet kayak di hotel itu lho ..." wou..wou ..wou ...iya ya kenapa nggak kepikiran membuat makanan paling gampang itu ya he...he...
Langsung deh saya jawab, oke .. mama buatkan yang istimewa ya , sabar sebentar..
Segera saya ke dapur dan menyiapkan bahan-bahan untuk membuat omelet alias telur dadar. Tidak sampai 10 menit , sarapan omelet roti panggang telah siap disajikan dan hasilnya menakjubkan semua anakku termasuk si ragil menyantapnya sampai tandas he...he...puas aku rasanya.

Temen-temen pengen tahu nggak cara membuatnya? Gampang koq, yook ikuti resep saya ini.

Resep Omelet Roti Panggang
----------------------------------  
Bahan :
---------
  1. Telur ayam 2 buah
  2. Keju Kraff 1 lembar
  3. Bawang Bombay 3 iris
  4. Tomat 3 iris
  5. Daging asap 1 lembar
  6. Sosis sapi 1 buah
  7. Merica 1/2 sendok teh
  8. garam 1 sendok teh
  9. Roti tawar 
  10. Margarin secukupnya
  11. Minyak goreng 1 sendok makan
  12. Saos Tomat dan Saus Sambal secukupnya

Cara membuatnya
---------------------  
  1. Rajang halus bawang bombay, tomat, daging asap, sosis, keju, sisihkan
  2. Kocok telur beserta merica dan garam sampai agak berbuih kemudian masukkan rajangan bawang bombay, tomat, daging asap, sosis, dan keju
  3. Panaskan minyak dalam wajan anti lengket khusus untuk membuat telur dadar, kemudian masukkan kocokkan telur beserta isinya, setelah 1/2 masak, balik dan masak sampai matang.
  4. Lipat menjadi dua telur dadar/omelet, kemudian angkat dan sisihkan.
  5. Panggang roti tawar dalam alat pemanggang roti atau bisa juga dalam wajan sampai agak kecoklatan kemudian  olesi dengan sedikit margarin.
  6. Letakkan omelet diantara 2 buah roti panggang, tambahkan saos tomat dan saos cabe , hias dengan daun selada atau seledri agar makin cantik dan menarik untuk disantap
  7. Sajikan hangat-hangat.
Gampang khan kawan, ayo dicoba siapa tahu cocok untuk anak-anak anda semua .....

Yook ya , salam....

Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi


Sayur Asem

Assalamualikum WW,

Hari ini Surabaya panas sekali, enaknya makan apa ya? oh ya, bagaimana kalau saya buat sayur asem saja, sambal terasi dan goreng ikan mujaer, wah pasti lezat untuk disantap di siang hari yang panas ini.

Sayur asem seperti kita ketahui adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang banyak terdapat di seluruh wilayah tanah air kita. Sayur asem mempunyai rasa yang khas yaitu asem-asem segar dan terdiri dari sayur mayur yang menyehatkan seperti kacang panjang, jagung muda, kangkung, kol/kubis, krai (buah sejenis timun), tauge pete, labu siam, daun melinjo, buah melinjo, kacang tanah. dan buah asam jawa. Sedangkan kuahnya lebih sedap kalau berupa kaldu dari tulang iga sapi.

Bagaimana kawan, kita mulai yook memasaknya, saya sudah tidak sabar  ingin menikmati sedapnya sayur asem.

Resep Sayur Asem ala Alicce Hanafi
-----------------------------------------------

Bahan-Bahan :
---------------
  1. Tulang iga sapi 1/4 kg
  2. Kacang Panjang 5 buah
  3. Kangkung 1/2 ikat kecil
  4. Jagung Muda 2 buah
  5. Kubis / kol 1/4 buah
  6. Krai (sejenis timun) 2 buah
  7. Taoge petai (taoge yang besar dan beraoma petai) secukupnya
  8. Buah dan daun mlinjo muda secukupnya
  9. Labu Siam 1 buah
  10. Buah asam jawa yang masih muda 3 buah
  11. Kacang Tanah 1 ons
  12. Daun salam 3 lembar
  13. Lengkuas 1 ibu jari memarkan
  14. Daun jeruk 3 lembar

Bumbu halus : 
-------------------- 
  1. Cabe Merah  3 buah
  2. Cabe rawit 5 buah
  3. Bawang Merah 5 biji
  4. Bawang Putih   3 biji
  5. Garam secukupnya
  6. Gula Pasir 1 sendok teh
  7. Terasi 1 sendok teh
Cara Membuatnya : 
----------------------------
  1. Cuci bersih iga sapi, rebus sampai mendidih dan iga lunak,. Angkat iga sapi, tiriskan kemudian saring air kaldunya agar bening lalu sisihkan
  2. Cuci bersih semua bahan dan potong-potong sesuai selera
  3. Masukkan tulang iga sapi, potongan jagung muda, buah melinjo dan kacang tanah dalam air kaldu iga sapi yang telah disaring, didihkan dan masak sampai jagung, buah melinjo dan kacang tanah menjadi empuk
  4. Masukkan bumbu halus beserta buah asam jawa, daun salam, daun jeruk, potongan labu siam dan krai hingga setengah matang, kemudian masukkan sisa semua sayuran, masak hingga semua menjadi matang
  5. Sajikan sayur asam hangat-hangat bersama sambal terasi dan lauk ikan asin goreng ataupun ayam goreng.
Selesai sudah masaknya, waktunya untuk  menikmati, nasi hangat mengepul telah tersedia, sambal terasi dengan penyet tempe, ikan asin goreng, wuuiiihh  sedaaappnya .

Sudah dulu ya kawan, saya makan dulu, sudah nggak tahan nih , daaagggg

Wassalamualaikum WW

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Sabtu, 27 Maret 2010

Sayur Sop

Assalamualaikum WW,


Hai kawan, hari ini saya memasak sayur sop. Masakan sederhana yang kaya akan gizi karena isinya sayur-sayuran yang banyak sekali kandungan vitaminnya.

Mungkin teman-teman sudah sering membuatnya, karena sayur sop ini sangat mudah memasaknya selain itu bahan-bahannya banyak tersedia di pasar.

Sayur sop enak dimakan kapan saja, untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam pasti cocok.
Tapi kalau saya lebih senang menyantap sayur sop di siang hari , sebab rasanya lebih segar apalagi kalau ditambah dengan perkedel kentang, sambal kecap dan teri balado, aduuh mak, sedapnya ....

Walaupun teman-teman sudah banyak yang tahu resepnya dan sering membuatnnya, nggak ada salahnya khan kalau saya berbagi resep kepada kawan-kawan lain yang mungkin belum pernah memasak sayur sop yang kaya akan vitamin ini.

Yook kita mulai kawan,

Sayur Sop 
-----------

Bahan :
  1. Daging sapi has dalam (atau boleh juga daging ayam) 
  2. Kentang
  3. Wortel
  4. Kol/kubis
  5. Buncis
  6. Macaroni
  7. Bawang Pre /  Daun bawang
  8. Seledri
  9. Bawang Merah goreng

Bumbu halus :
  1. Bawang putih 3 siung
  2. Merica halus 1 sendok teh
  3. Garam secukupnya
  4. Gula Pasir 1 sendok teh

Cara membuatnya :
  1. Rebus daging sapi atau ayam sampai lunak, angkat, potong-potong sesuai selera , sisihkan
  2. Saring kaldu daging sapi/ayam, sisihkan
  3. Rebus makaroni sampai mekar, angkat siram dengan air masak dingin dan sisihkan
  4. Cuci semua sayuran dan potong-potong sesuai selera , kukus sampai 1/2 matang, sisihkan
  5. Rebus air kaldu sampai mendidih, masukkan potongan daging 
  6. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ke dalam air rebusan kaldu dan tambahkan gula pasir
  7. Setelah itu, masukkan semua sayur, bawang pre/daun bawang, masak sampai kuah mendidih, angkat
  8. Sajikan dalam mangkok , tambahkan makaroni dan bawang goreng.
  9. Sebagai pendamping dapat ditambahakan perkedel kentang, teri balado, sambal kecap.
Sangat mudah kan kawan, yook membuat dan sering-sering menyantapnya agar kita tetap sehat selalu he..he...

Sudah dulu ya, sampai ketemu di  resep berikutnya, salam...

Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj. Alicce Hanafi

Senin, 22 Maret 2010

Kue Kembang Goyang

Assalamualaikum WW,

Hai Kawan, hari ini saya kangen banget sama kue kampung buatan almarhumah nenek saya. Nama Kue itu kembang goyang atau biasa juga disebut kue Bunga Matahari. Disebut kue kembang goyang karena pada proses penggorengannya digoyang-goyang agar lepas dari cetakannya. Sedangkan disebut juga Bunga matahari karena bentuknya seperti bunga matahari.

Kue kembang goyang ini rasanya manis-manis asin, gurih , garing, renyah, pokoknya uueenaak puuooll deh, he..he... Apalagi jika dinikmati diwaktu sore hari sambil minum teh atau kopi hangat bersama keluarga, waduh nggak terasa bisa habis sampai 1 toples lho.

Kue kembang goyang kalau di kampung nenek saya, selalu ada pada saat lebaran dan selalu menjadi suguhan utama untuk tamu-tamu yang datang bersilahturahmi. Jika disimpan di stoples atau kaleng yang tertutup rapat kue kembang goyang dapat tahan selama 3 atau 4 bulan, cocok juga khan jika dijadikan oleh-oleh untuk saudara kita yang bertempat tinggal jauh dari kita atau dapat juga untuk dijual jika dikemas dengan bagus dan cantik.

Setelah bertanya ke ibu saya , akhirnya dapat juga saya membuatnya dan rasanya alhamdulillah sama dengan kembang goyang buatan almarhumah nenek saya. Nah pengen tahu resep dan cara membuatnya, ayo kita mulai kawan...

Resep Kue Kembang Goyang
-----------------------------------

Bahan :
  1. Tepung Beras 250 gram
  2. Tepung Kanji (Maizena) 1 sendok makan
  3. Santan 350 ml dari 1/4 butir kelapa yang dikupas kulit arinya
  4. Telur ayam 1 butir kocok lepas
  5. Gula Halus 40 gr
  6. Garam halus 1 sendok teh
  7. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuatnya :
  1. Campurkan tepung beras, kanji, kocokan telur, gula dan garam kemudian aduk rata Setelah itu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang licin tidak berbintil. kemudian saring dan sisihkan.
  2. Panaskan cetakan kembang goyang di dalam minyak panas. yang agak banyak.. Lalu celupkan  cetakan ke dalam adonan, tetapi jangan sampai menutupi pinggir atas cetakan karena kue menjadi susah lepas
  3. Angkat cetakan dari adonan dan celupkan kembali cetakan dalam minyak panas. Goreng  dengan api kecil sambil  cetakan digoyang-goyang hingga kue terlepas. Balik-balik kue agar matangnya rata. Setelah kue berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan hingga dingin. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Kemas di dalam plastik  atau toples kedap udara dan kembang goyang siap untuk dinikmati ataupun dipasarkan.
Oh ya, kawan, jangan menambahkan gula terlalu banyak karena kue akan cepat gosong, selain itu cetakan harus panas agar adonan bisa melekat saat cetakan diangkat dari wadah adonan.
Jika sudah selesai membuat kue gembang goyang, cetakan jangan dicuci, cukup dilap dengan kain atau serbet bersih dan segera simpan agar pada saat pembuatan berikutnya cetakan tidak lengket dan tetap mudah lepas pada saat menggoreng.

Sudah selesai deh, membuat kue kembang goyang, gampang dan cepet lho membuatnya. Ayo segera dicoba resepnya dan nikmati kelezatannya.

Sekian dulu ya kawan, saya pengen menyuguhkan kue kembang goyang ini ke anak-anak dan suami tercinta, mumpung mereka lagi ngumpul di rumah he..he...

Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi

Jumat, 05 Maret 2010

Daging Sapi Lada Hitam

Assalamualaikum WW,

Hai kawan, hari ini anak lelakiku yang besar, Archie, tiba-tiba ingin belajar memasak. Saya heran, lalu bertanya," kenapa kamu ingin belajar memasak ?", dia bilang "pengen aja ma, biar kalau archie sedang di luar kota dan kangen sama masakkan mama, archie bisa membuatnya". Oalah, jadi gitu alasannya, terharu juga saya mendengarnya, ternyata anak saya bisa menghargai masakkan mamanya yang dibuat dengan rasa cinta untuk kenikmatan anak-anaknya, alhamdulillah, tidak sia-sia usaha saya untuk dapat memberi yang terbaik untuk keluarga saya.

Karena Archie masih pemula dan belum pernah ke dapur sama sekali, maka saya mengajarinya cara memasak yang praktis dan tidak membutuhkan bumbu yang beraneka macam. Akhirnya pilihan jatuh pada resep kesukaan dia yaitu "Daging Sapi Lada Hitam" karena kebetulan dikulkas tersedia daging sapi has dalam. 

Setelah Archie selesai memasak, langsung deh dia menyantapnya dengan lahap dan sambil mengunyah dia mengatakan " ternyata mudah ya ma memasak daging lada hitam , dan rasanya enak". Archie tampak puas atas hasil karyanya.

Nah, kawan pengen tahu khan resep daging sapi lada hitam seperti yang dibuat anak saya? Ini nih resepnya ...


Daging Sapi Lada Hitam

Bahan :

1. Daging sapi has dalam 1/2 kg, iris tipis
2. Merica /lada hitam bubuk 1/2 sendok teh
3. Garam  1 sendok teh
4. Saos tiram 2 sendok makan
5. Kecap manis 1 sendok makan
6. Arak masak 1 sendok teh
7. Bawang putih 5 siung tumbuk kasar
8. Bawang bombay ukuran kecil 1 buah rajang kasar
9. Gula pasir 1 sendok teh
10. Air bersih 3 gelas
11. 1 butir telur ayam, kocok lepas
12. Jahe 1 ruas jari, tumbuk halus
13. Minyak goreng 2 sendok makan
14. Tepung Tapioka/kanji 1 sendok teh
15. Cabe Merah besar 2 buah , iris serong kasar

Cara memmbuatnya
  1. Cuci bersih irisan tipis daging sapi, masukkan arak masak, dan jahe yang telah ditumbuk halus, aduk rata, diamkan lebih kurang 10 menit, tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng, setelah itu masukkan irisan bawang bombay, tumis sampai layu dan berbau harum. Setelah itu masukkan bawang putih yang telah ditumbuk kasar, tumis sampai harum.
  3. Masukkan irisan daging sapi kedalam bumbu yang sedang ditumis diatas, aduk rata. Kemudian masukkan 1 gelas air, masak sampai daging agak lunak.
  4. Tambahkan lada hitam, Saos tiram, Kecap manis, garam, gula aduk rata. Setelah itu masukkan sisa air (2 gelas) , masak sampai daging lunak dan bumbu meresap ke dalam daging.
  5. Setelah itu masukkan telor, aduk rata dan terakhir masukkan tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan sedikit air, masak hingga bumbu mengental
  6. Angkat masakan dari wajan dan siap untuk dihidangkan
  7. Sajikan dalam keadaan hangat

Mudah khan resep dan cara membuatnya, ayo segera dicoba, kawan-kawan pasti bisa, lha wong anak bujang saya aja bisa ha..ha...

Sekian dulu ya, bagi-bagi ilmu dari saya, lain waktu saya akan bagi-bagi resep yang lain lagi.
Jangan lupa selalu buka blog saya ini, juga blog saya yang lain di www.alicce.blogspot.com , www.rumahsirihku.com dan bagi-bagi ilmu di www.aliccehavana.blogspot.com

Wassalamualaikum WW,


Ny. Hj. Alicce Hanafi

Rendangku


Assalamualaikum WW,


Hai Kawan, jumpa lagi kita, nggak bosen khan?
Hari ini saya ingin sekali makan rendang, itu lho lauk khas dari Padang,, Sumatera Barat,  pasti tahu lah yaow he..he..(abiiss terkenal banget sih..)

Rendang buatan saya ini resepnya dari ibu kandung saya yang memang asli dari Sumatera Barat, tepatnya dari daerah Painan yang terletak di Pesisir Selatan . Ibu saya mendapatkan resep ini juga dari ibunya (berarti nenek saya khan?). Jadi resep warisan nenek moyanglah ha...ha...

Rendang resep leluhur ini merupakan lauk favorit di keluarga kami dan selalu dinantikan keluarga dan teman-temea saya jika lebaran maupun apabila ada acara keluarga. Rasa rendang resep keluarga saya ini agak beda sedikit dari rendang yang biasa dijual di restoran-restoran Padang sebab selain pedas ada rasa agak manis gurih yang disebabkan digunakannya air kelapa dalam proses pemerasan santan. Yang pasti maak nyuuss dan membuat yang pernah mencoba bakal ketagihan dan selalu kangen untuk mencicipi lagi.

Bagaimana, sudah nggak sabar khan pengen tahu resepnya? yook kita mulai

Rendang Ala Ny.Hj.Alicce Hanafi
-----------------------------------------

Bahan :
1. 1 kg daging sapi has dalam  potong dadu / sesuai selera
2. Kelapa parut 250 gr, sangrai dan haluskan
3. Kelapa tua 2 butir ukuran besar, parut
4. Air kelapa 2 gelas belimbing
5. Air bersih 2 liter

6. Daun jeruk purut 5 lembar, iris halus
7. Daun kunyit 1 lembar, iris halus

Bumbu yang dihaluskan :
1. Cabai Merah (keriting) 150 gram
2. Bawang merah 100 gram
3. Bawang putih 50 gram
4. Jahe 1 jempol kaki
5. Lengkuas 2 jempol kaki
6. Merica 1 sendok teh
7. Pala 1/2 buah
8. Serai 2 batang diiris halus
9. Garam secukupnya

Cara membuatnya
  1. Ambil 1/4 bagian bumbu halus, campurkan dengan kelapa parut yang telah disangrai, garam dan daging. Aduk rata, diamkan.
  2. Buat santan kental dengan cara mencampur 2 gelas air kelapa dengan parutan kelapa, peras, saring dan sisihkan
  3. Buat santan sedang dengan cara mencampur  2 liter air bersih dengan parutan kelapa (bekas santan kental), peras, saring dan sisihkan
  4. Campurkan santan sedang dengan sisa bumbu, tambahkan irisan daun jeruk dan daun kunyit. Setelah mendidih masukkan potongan daging yang telah dibumbui, masak hingga daging agak lunak dan santan mengental.
  5. Setelah santan mengental, masukkan santan kental dari perasan air kelapa, masak sampai kembali mengental. Jika kuah mulai berminyak, aduk terus dengan api kecil  hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  6. Hidangkan rendang daging bersama dengan acar mentah dari timun, nanas dan wortel mentah.

Wuuuihh anak-anakku langsung nyerbu kawan, lahap bener mereka makan, aduuh bahagianya saya, terimakasih kutujukan untuk almarhum nenekku Siti aisyah, dan mami Basrah (mamiku tersayang)  atas resepnya . Ayo dicoba kawan, agak ribet tapi yang penting rasanya maannaa taahhaaann......

Sudah dulu ya, sampai jumpa di entri-entri saya berikutnya.
Oh ya, buka juga blog saya yang lain ya di www.alicce.blogspot.com (ada macam-macam produksi saya lho), Bagi-Bagi Ilmu di http://aliccehavana.bagibagiilmu@blogger.com (ada aneka resep pembuatan manisan buah dan sirup buah dan herbal sehat disertai dengan manfaatnya bagi kita).


Wassalamualaikum WW,

Ny.Hj.Alicce Hanafi